You see You action (STOP) Vs  Loss Prevention Observation

U see U action istilah lain STOP dan LPO (Loss Prevention Observation) apa itu, pasti Anda mulai bertanya-tanya tentang istilah kedua hal ini yang Anda belum ketahui sebelumnya. Keduanya adalah intrument keselamatan, kesehatan kerja dan lindungan lingkungan yang dimiliki oleh perusahaan plat merah Amerika yaitu Exxonmobil Cepu Ltd, sangat menarik bukan membahas keduanya lebih lanjut untuk membandingkan sejauh mana instrument ini berjalan dan penerapannya.

1.      UCUX ( U see U action)

UCUX  adalah instrument seperti STOP  yaitu instrument yang lebih familiar di industry migas dan pertambangan di Indonesia, satu instrument HSE yang melakukan tindakan pengamatan langsung pada prosedur pekerjaan yang sedang berjalan. Mencatat kesalahan dan kelebihan pada langkah-langkah pekerjaan berdasarkan prosedur yang sesuai serta melakukan tindakan koreksi pada saat itu juga dengan menyampaikan kepada pekerja.
Instrument ini melibatkan semua pekerja untuk aktif melihat dan menganalisa segala potensi bahaya di pekerjaan. UCUX atau STOP menjadi target pencapaian di HSE Departement untuk melihat performance kemampuan menganalisa bahaya setiap Departement.

2.    LPO (Loss Prevention Observation)

Seperti istilahnya instrument ini untuk mencegah terjadinya insiden dengan observasi dan penilaian pada prosedur pekerjaan yang berjalan. Namun instrument ini terjadwal dan terprogram untuk dilakukan serta melaksanakan diskusi antara pekerja-observer-leader untuk melakukan tindakan koreksi dan follow up action pada pekerjaan yang sedang berjalan. Misalkan ditemukan kurangnya peralatan yang memadai atau kopentensi pekerja, maka harus segera diselesaikan. LPO dilaksanakan oleh beberapa level contoh penilaian dari level manager ke supervisor, supervisor ke pekerja dan antara pekerja.

Jadi bagaimana menurut Anda instrument mana yang lebih efektif dalam mencegah terjadinya insiden. Kalau saya lebih menyukai LPO karena terprogram dan terdapat  diskusi dalam memecahkan masalah di pekerjaan kita. Saya yakin ini akan menjadi referensi menarik dalam pelaksanaan K3 di lingkungan  kerja dimana Anda berada. Semoga target zero insiden akan terlaksana dimanapun Anda bekerja. Berikut ini contoh form UCUX dan LPO :


UCUX (STOP)
LPO





Salam Sejahtera Bagi Kita Semua,

HERU WINDARTO

heruwindarto.blogspot.com