CSMS (Contractor Safety Management System)

·        CSMS adalah suatu sistim manajemen untuk mengelola kontraktor yang bekerja di lingkungan perusahaan.
·        CSMS merupakan sistim komprehensif dalam pengelolaan kontraktor sejak tahap perencanaan sampai pelaksanaan pekerjaan
·        Untuk meyakinkan bahwa kontraktor yang bekerja dilingkungan perusahaan telah memenuhi standar dan kriteria K3 yang ditetapkan perusahaan.
·        Sebagai alat untuk menjaga dan meningkatkan kinerja Keselamatan di lingkungan kontraktor
·        Untuk mencegah dan menghindarkan kerugian yang  timbul akibat aktivitas kerja kontraktor
·        Undang-undang Keselamatan Kerja No 1 Tahun 1970
·        Perusahaan bertanggung jawab menjamin keselamatan setiap orang yang berada ditempat kerjanya (termasuk kontraktor dan pihak lainnya yang berada di tempat kerja).
·        Undang Perlindungan Konsumen
·        Perusahaan wajib melindungi keselamatan konsumen sebagai akibat kegiatan perusahaan.
·        API RP 2221
Tahapan :


• CSMS is a management system for managing contractors working in a corporate environment.
• CSMS is a comprehensive system in the management of contractors from the planning stage to the execution of work
• To ensure that contractors working within the company meet the K3 standards and criteria set by the company.
• As a tool to maintain and improve Safety performance in the contractor's environment
• To prevent and avoid losses arising from contractor work activities
• Occupational Safety Act No. 1 of 1970
• The company is responsible for ensuring the safety of everyone who is at work (including contractors and other parties in the workplace).
• Invite Consumer Protection
• Companies must protect consumer safety as a result of company activities.
• API Rp. 2221









Stages:


The following is a list of questions and documents that must be prepared when PQ CSMS:
Berikut ini daftar pertanyaan dan dokumen yang harus disiapkan pada saat PQ CSMS :


Bagian
Pertanyaan
Jawaban
BAGIAN 1 – KEPEMIMPINAN DAN KOMITMEN
1.1
Komitmen K3LL melalui kepemimpinan
a)    Bagaimanakah para manajer senior secara pribadi terlibat dalam pengelolaan K3LL, misalnya dalam menetapkan dan memantau tujuan K3LL?

Lampirkan bukti kunjungan lapangan manajemen senior, rapat K3LL yang dihadiri pimpinan, tindakan korektif yang diambil pimpinan, evaluasi kinerja K3LL oleh pimpinan, dll.

b)   Berikan bukti komitmen pada semua tingkatan dalam organisasi!

Lampirkan bukti rapat K3LL (MOM dan daftar  hadir), job description, dll

c)    Bagaimanakah Anda mempromosikan budaya positif mengenai masalah K3LL dalam organisasi Anda?

Lampirkan bukti rapat K3LL, poster, penghargaan HK3LL, observasi keselamatan, dll

BAGIAN 2 – KEBIJAKAN DAN TUJUAN STRATEGIS K3LL
2.1 
Dokumen Kebijakan K3LL
a)    Apakah  perusahaan Anda mempunyai dokumen kebijakan K3LL? Jika YA, harap lampirkan salinannya.

Lampirkan salinan pernyataan kebijakan K3LL

b)    Siapa yang memegang tanggung jawab  akhir dan  menyeluruh untuk K3LL dalam organisasi Anda?

Lampirkan  bagan organisasi yang menunjukkan penanggung jawab akhir K3LLdalam perusahaan, termasuk penempatan personel K3LL

c)    Siapa orang yang paling senior dalam organisasi yang  bertanggung jawab  terhadap kebijakan yang sedang dijalankan pada daerah kewenangan dan  lokasi dimana karyawannya bekerja? Berikan nama dan jabatanorang tersebut.

Lampirkan bagan organisasi, termasuk penempatan personel dan disertai dengan tugas dan tanggung jawab

d)    Sebutkan metode-metode  yang Anda gunakan untuk menarik perhatian seluruh karyawan terhadap pernyataan kebijakan K3LL.

Lampirkan metoda penyampaian pernyataan kebijakan dan mekanisme yang menunjukkan pekerja telah mendapat informasi tersebut

e)    Bagaimana cara Anda memberitahu karyawan bilamanaterdapat perubahan padapernyataan kebijakan K3LL?

Lampirkan daftar hadir dan MOM rapat pembahasan perubahan pernyataan kebijakan K3LL, memo, email, informasi di papan pengumuman, dll

2.2
Tujuan strategis kontrak K3LL
a)    Apakah perusahaan Anda mempunyai tujuan strategis K3LL? Jika YA, harap lampirkan salinannya.

Lampirkan dokumentasi objective, target dan program (OTP) K3LL

b)    Sebutkan metode-metode yang Anda gunakan untuk mengkomunikasikan tujuan strategis K3LL kepada seluruhkaryawan.

Lampirkan MOM dan daftar hadir rapat pembahasan OTP

BAGIAN 3 – ORGANISASI, TANGGUNG JAWAB, SUMBER DAYA, STANDAR DAN DOKUMENTASI
3.1
Struktur organisasi manajemen K3LL
a)    Bagaimana struktur organisasi Anda dalam mengatur dan mengkomunikasikan K3LL secara efektif?

Lampirkan bagan organisasi perusahaan, bagan organisasi K3LL dan atau komite K3LL, dan bukti pelaksanaan rapat K3LL dari tingkat pekerja hingga manajemen.

b)   Apakah rapat K3LL mempromosikan mengenai kesadaran akan K3LL?

Lampirkan MOM rapat K3LL

c)    Apakah Perusahaan dan Klien Anda mengadakan rapat secara teratur untuk mendiskusikan dan mengambil tindakan untuk situasi yang bersinggungan?

Lampirkan MOM dan daftar hadir rapat K3LL antara perusahaan dan klien.

d)   Bagaimana ketentuan yang dibuat oleh perusahaan Anda mengenai rapatkomunikasi K3LL? Harap lampirkan struktur organisasi perusahaan Anda.

Lampirkan prosedur komunikasiK3LL yang mengatur tentang mekanisme rapat-rapat K3LL, termasuk peserta rapat dan target dari kegiatan rapat.

3.2
Pelatihan K3LL bagi para manajer, supervisor dan pemegang posisi kritikal K3LL

a)    Apakah para manajer dan pengawas di semua tingkat yang akan merencanakan, memantau, mengawasi dan   melaksanakan  pekerjaan sudah  mengikuti pelatihanK3LLformalsesuai tanggung  jawab  mereka dalam rangka melaksanakan pekerjaan sesuai dengan persyaratan-persyaratan K3LL?

Lampirkan bukti pelatihan K3LL bagi para manajer dan pengawas.

b)   Jika YA, harap berikan rinciannya. Jika pelatihan diberikan secara in-house, jelaskan isi materi dan durasi waktupelatihan. Harap lampirkan contoh matriks pelatihan.

Lampirkan materi pelatihan dan kualifikasi instruktur.



c)    Bagaimana Anda mengidentifikasi area operasi yang memerlukan pelatihan khusus, misalnya pelatihan yang berkaitan dengan bahaya kesehatan seperti radiasi, asbestos dan bahan kimia?




d)   Apakah perusahaan Anda memiliki tenaga ahli K3LL?

Lampirkan CV tenaga ahli K3LL

e)   Bagaimana perusahaan Anda menyediakan pelatihan khusus bagi stafK3LL?

Lampirkan jadwal pelatihan K3LL khusus, salinan sertifikat

3.3
Pelatihan K3LL Umum
a)    Pengelolaan seperti apa  yangdimiliki perusahaan Anda untuk memastikan bahwa karyawan baru mempunyai pengetahuan tentang dasar K3LL dalam industri,  dan  untuk menjaga agar  pengetahuan tersebut selalu  terbarui?

Lampirkan prosedur pelatihan K3LL, jadwal pelatihan K3LL, dan bukti pelaksanaan pelatihan K3LL (sertifikat dan atau daftar hadir) termasuk penyegaran.

b)   Pengelolaan seperti apa  yang dimiliki perusahaan Anda untuk memastikan bahwa karyawan baru juga mengetahui kebijakan, praktek serta persyaratan-persyaratan K3LL perusahaan?

Lampirkan bukti sosialisasi SMK3LL dan distribusi buku saku K3LL

c)    Pengelolaan seperti apa yang dimiliki perusahaan Anda untuk memastikan bahwa karyawan baru telah diberi instruksi dan menerima informasi mengenai bahaya spesifik yang muncul darisuatu aktivitas pekerjaan?

Lampirkan prosedur orientasi karyawan dan bukti pelaksanaannya.

Catatan: untuk (a), (b) dan (c): jika pelatihan dilakukan secara “in-house”, berikan rincian mengenai isi materinya.

Lampirkan materi pelatihan dan kualifikasi instruktur.

3.4
Jaminan kompetensi
a)    Apakah perusahaan Anda mempunyai jaminan sistem kompetensi? Jika YA, jelaskanruang lingkup dan isi dari sistem tersebut.

Lampirkan Training Need Analysis (TNA)dan laporan pemantauannya

b)   Bagaimana pengaturan yang dimiliki perusahaan Anda untuk memastikan pengetahuan stafK3LL selalu terbarui?

Lampirkan jadwal pelatihan penyegaran dan bukti pelaksanaannya.

3.5
Proses manajemen kontraktor
a)    Apakah perusahaan Anda memiliki proses atau sistem manajemen kontraktor. Jika YA, lampirkan garis besar proses atau sistem tersebut.

Lampirkan prosedur pengelolaan subkontraktor.

b)   Bagaimana cara Anda melakukan penilaian terhadap kontraktor, melalui kompetensi K3LL atau kinerja K3LL?


c)    Dimana Anda menetapkan standar perusahaan yang harus dipenuhi oleh kontraktor Anda?

Lampirkan salinan kontrak subkontraktor yang di dalamnya mengatur persyaratan HSE yang harus dipenuhi dan sanksi.

d)   Bagaimana cara Anda memastikan standar tersebut dipenuhi dan telah diverifikasi?

Lampirkan bukti pemantauan secara berkala terhadap kinerja subkontraktor.

3.6
Standar K3LL
a)    Bagaimana cara Anda mengidentifikasi standar industri atau peraturanbaru terkait dengan aktivitas Anda?

Lampirkan prosedur identifikasi peraturan perundangan, daftar peraturan dan standar yang berlaku bagi operasi perusahaan, bukti evaluasi pemenuhan terhadap peraturan.

b)   Apakah tersedia struktur secara menyeluruh untuk menghasilkan, membarui dan menyebarkan standar?

Lampirkan prosedur identifikasi peraturan perundangan, bukti sosialisasi (MOM dan daftar hadir, email, notice board, dll), prosedur kerja yang terkait dengan standar.

c)    Apakah standar yang dimiliki perusahaan Anda sesuai dengan OGP/pedoman industri atau praktek yang direkomendasikan? Jika YA, harap sebutkan yang mana.


BAGIAN 4: MANAJEMEN RISIKO
4.1
Penilaian dan pengendalian risiko
a)    Bagaimana perusahaan Anda mengidentifikasi bahaya, melakukan penilaian risiko, pengendalian dan mitigasi konsekuensi, hingga mencapai tingkat terendah yang masuk akal dapat dilakukan (ALARP)?

Lampirkan prosedur Hazard Identification, Risk Assessment and Determining Control (HIRADC), Task Risk Assessment (TRA), Job Safety Analysis (JSA), dan dokumentasi pelaksanaannya.





4.2
Bahaya terhadap kesehatan
a)    Apakah Anda memiliki kebijakan dan program khusus tentang bahaya kesehatan spesifik, misalnya bahan berbahaya, blood borne pathogens, penyakit pandemik malaria, dll?

Lampirkan kebijakan tentang kesehatan serta program kesehatan kerja dan hygiene industri

b)   Tipe bahaya kesehatan apa  saja yang berhubungan dengan lingkup jasa Anda (kimia, getaran, kebisingan, Radiasi, dll.)? Jelaskan bagaimana bahaya kesehatan kerja diidentifikasi, dinilai dan dikendalikan?

Lampirkan Health Risk Assessment (HRA) dan tindak lanjut terhadap bahaya yang teridentifikasi (misal MCU berkala, hearing conservation program, respiratory conservation program, dll)

c)    Sistem apa yang Anda miliki untuk mengendalikan bahaya-bahaya tersebut dan memantau efektivitas pengendaliannya? Apakah pemantauan terhadap pajanan bahaya terhadap pekerja secara teratur termasuk dalam sistem tersebut?

Lampirkan bukti hasil monitoring dan evaluasi program kesehatan kerja dan hygiene industri

4.3
Alkoholdan obat-obatan terlarang
Apakah perusahaan memiliki kebijakan mengenai alcohol dan obat-obatan terlarang? Jika YA, apakah itu termasuk dalam ujian penerimaan karyawan dan pengujian acak?

Lampirkan prosedur/kebijakan alcohol dan obat-obatan terlarang, bukti sosialisasi kebijakan (rapat, email, papan pengumuman, dll), bukti pemeriksaan awal kesehatan pekerja, bukti pemeriksaan acak termasuk dugaan, sanksi bagi pelanggar, dll.

4.4
Bahaya keselamatan kerja
a)    Tipe bahaya keselamatan apa sajayang berhubungan dengan lingkup jasa Anda? (pelindung mekanik, bekerja di ketinggian, pengangkatan/pengerekan, memasuki ruang terbatas, atmosfir eksplosif, dll)


b)   istema pa yang Anda miliki untuk mengendalikan bahaya-bahaya tersebut dan memantau efektivitas pengendaliannya?

Lampirkan bukti tindak lanjut terhadap bahaya yang teridentifikasi, hasil monitoring dan evaluasi program keselamatan kerja.

4.5
Alat Pelindung Diri (APD)
a)    Pengaturan apa yang dimiliki perusahaan untuk pengadaan dan pemberian peralatan pelindung dan pakaian kerja, baik yang standar maupun yang diperlukan untuk kegiatan-kegiatan khusus?

Lampirkan prosedur Alat Pelindung Diri, Matriks APD (aktifitas kerja dan jenis APD), standar APD, stock APD

b)   Apakah perusahaan menyediakan Alat Pelindung Diri / (APD) yang sesuai untuk karyawan Anda ? Berikan daftar APD untuk lingkup kerja ini.

Lampirkan jenis APD (matriks APD) dan daftar terima APD bagi Pekerja

c)    Apakahperusahaan memberikan pelatihan mengenai cara penggunaan APD? Jelaskan materi pelatihan dan tindak lanjutnya.

Lampirkan materi pelatihan mengenai penggunaan, penyimpanan, perawatan dan penggantian APD, dan daftar hadir

d)   Apakah Anda mempunyai program untuk memastikan bahwa APD/PPE digunakan dan dijaga?

Lampirkan hasil inspeksi APD termasuk temuan APD yang tidak layak pakai


4.6
Bahaya logistik
e)   Tipe bahaya logistik apa saja  yang berhubungan dengan lingkup jasa Anda? (transportasi darat, udara, air, penanganan material, dll.)


f)     Sistem apa yang Anda miliki untuk mengendalikan bahaya-bahaya tersebut dan memantau efektivitas pengendaliannya?

Lampirkan bukti tindak lanjut terhadap bahaya yang teridentifikasi, hasil monitoring dan evaluasi program keselamatan logistik.

4.7
Bahaya terhadap lingkungan
a)    Tipe bahaya lingkungan apa saja  yang berhubungan dengan lingkup jasa Anda? (tumpahan bahan kimia, emisi udara, pembuangan limbah, dll.)


b)   Sistem apa yang Anda miliki untuk mengendalikan bahaya-bahaya tersebut dan memantau efektivitas pengendaliannya?

Lampirkan bukti tindak lanjut terhadap bahaya yang teridentifikasi, hasil monitoring dan evaluasi program lindungan lingkungan.

4.8
Bahaya terhadap keamanan
a)    Tipe bahaya keamanan apa saja  yang berhubungan dengan lingkup jasa Anda? (terorisme, penyanderaan, perampokan, komunitas lokal yang tidak bersahabat, dll.)


b)   Sistem apa yang Anda miliki untuk mengendalikan bahaya-bahaya tersebut dan memantau efektivitas pengendaliannya?

Lampirkan bukti tindak lanjut terhadap bahaya yang teridentifikasi, hasil monitoring dan evaluasi program keamanan.

4.9
Bahaya tanggung jawab sosial
a)    Tipe bahaya sosial apasaja yang berhubungan dengan lingkup jasa Anda?


b)   Sistem apa yang Anda miliki untuk mengendalikan bahaya-bahaya tersebut dan memantau efektivitas pengendaliannya?

Lampirkan bukti tindak lanjut terhadap bahaya yang teridentifikasi (misal pengangguran,gangguan masyarakat, dll) , hasil monitoring dan evaluasi program tanggung jawab sosial.

BAGIAN 5 – PERENCANAAN  DAN PROSEDUR
5.1
Manual operasi K3LL
Apakah Anda mempunyai manual K3LL perusahaan (atau  manualoperasi yang terintegrasi denganpersyaratan-persyaratan K3LL)  yang  menjelaskan secara rinci praktek  kerja K3LL yang  disetujui oleh perusahaan yang berkaitan dengan aktivitas Anda?
Jika YA, lampirkan salinan daftar isinya dan dokumen pendukung lainnya yang relevan.

Lampirkan daftar isi manual K3LL, daftar prosedur dan instruksi kerja,dan  laporan kajian SMK3LL

5.2
Integritas infrastruktur dan peralatan
Bagaimana Anda memastikan bahwa infrastruktur, kilang, dan  peralatan yang  digunakan di wilayah operasi Anda(lokasi Anda, lokasi klien atau lokasi lainnya) disertifikasi, dicatat, dikendalikan, dan dirawat sehingga aman untuk digunakan?

Lampirkan prosedur perawatan peralatan, daftar peralatan yang disertifikasi/dikalibrasi dan jadwal perawatan,  sertifikat peralatan, laporan hasil inspeksi/verifikasi kelayakan peralatan, dll.

5.3
Manajemen perubahan
Bagaimana Anda mengelola perubahan dan menilai risiko yang terkait, misalnya sumber daya manusia, peralatan, proses, dokumentasi?

Lampirkan prosedur management of change (MOC) dan dokumentasi pelaksanaannya.

5.4
Rencana tanggap darurat
a)    Pengaturan apa yang dimiliki perusahaan Anda  terkait dengan rencana tanggap darurat?

Lampirkan prosedur dan rencana tanggap darurat, organisasi tanggap darurat dan kompetensinya, daftar kontak darurat, daftar peralatan tanggap darurat,latihan tanggap darurat dan evaluasinya, laporan pemantauan tindaka, dll.

b)   Situasi darurat apa saja yang termasuk di dalamnya?


BAGIAN 6 – IMPLEMENTASI DAN PEMANTAUAN KINERJA
6.1
Implementasi SMK3LL dan pemantauan kinerja aktivitas kerja secara aktif
a)    Pengaturan apa  yang  dimiliki perusahaan Anda untuk memantau implementasi SMK3LL?

Lampirkan laporan pemantauan pencapaian program K3LL, jadwal dan bukti pelaksanaan inspeksi dan audit K3LL, dll



b)   Bagaimana cara perusahaan Anda memastikan implementasi prosedur kerja di wilayah kerja operasi Anda misalnya kepatuhan terhadap prosedur, toolbox talk, rapat K3LL, pengawasan, observasi kerja?


c)    Bagaimana Anda memantau kinerja K3LL pekerja, misalnya sistem identifikasi bahaya, partisipasi K3LL?


d)   Apa saja pemantauan K3LL yang dilakukan secara aktif (misalnya di area yang tidak pernah terjadi kecelakaan)?


e)   Bagaimana Anda melaporkan dan memperbaiki kekurangan yang teridentifikasi?

Lampirkan laporan ketidaksesuaian atau sejenisnya.

f)     Bagaimana Anda mengkomunikasikan hasil pemantauan kinerja secara aktif kepada personil yang relevan?

Lampirkan bukti komunikasi hasil pemantauan kinerja K3LL.

6.2
Indikator kinerja keselamatan kerja
Harap lampirkan statistik untuk item di bawah ini untuk setiap tahun dalam lima tahun terakhir:
·      Jumlah kematian akibat kerja (fatalities)
·      Jumlah kasus cedera yang mengakibatkan hilang jam kerja (lost time injuries)
·      Jumlah kasus hilang hari kerja (lost workday cases)
·      Jumlah kasus hari kerja terbatas (restricted work cases)
·      Jumlah kasus perawatan medis (medical treatment cases)
·      Jumlah kasus pertolongan pertama (first aid cases)
·      Jumlah kejadian nyaris celaka (near miss incidents)
·      Frekuensi kecelakaan fatal (per 100 juta jam kerja)
·      Frekuensi hilang jam kerja akibat cidera (per juta jam kerja)
·      Frekuensi total kecelakaan yang tercatat (per juta jam kerja)
Catatan: Jika tidak menggunakan definisi OGP (merujuk kepada laporan indikator kinerja keselamatan OGP), harap lampirkan definisi menurut perusahaan Anda.


6.3
Pemantauan kinerja K3LL
a)    Bagaimana pemantauan dan pencatatan kinerja kesehatan?

Lampirkan laporan pemantauan dan kinerja kesehatan.

b)   Bagaimana pemantauan dan pencatatan kinerja lindungan lingkungan?

Lampirkan laporan pemantauan dan kinerja lindungan lingkungan.

c)    Bagaimana pemantauan dan pencatatan kinerja keamanan?

Lampirkan laporan pemantauan dan kinerja keamanan.

d)   Bagaimana dan apa saja kejadian nyaris celaka yang dilaporkan?

Lampirkan laporan dan statistik kasus hampir celaka

e)   Seberapa sering kinerja K3LL dikaji? Oleh siapa?

Lampirkan bukti rapat yang membahas kinerja K3LL (MOM dan daftar hadir)

f)     Bagaimana pemantauan dan pencatatan kinerja logistik?

Lampirkan laporan pemantauan dan kinerja keselamatan logistik.

g)    Apakah Anda mencatat kecelakaan berkendara?

Lampirkan laporan kecelakaan dan statistik kasus kecelakaan berkendara

6.4
Investigasi dan tindak lanjut kecelakaan K3LL
a)    Jenis kecelakaan K3LL seperti apa yang diinvestigasi?


b)   Proses apa yang digunakan untuk melakukan investigasi kecelakaan K3LL?

Lampirkan prosedur incident investigation

c)    Siapa yang melakukan investigasi kecelakaan?


d)   Bagaimana temuan hasil investigasi ditindaklanjuti untuk secara efektif memastikan kejadian yang sama tidak terulang kembali?

Lampirkan laporan pemantauan tindak lanjut hasil investigasi

e)   Bagaimana pembelajaran dari suatu kecelakaan dikomunikasikan kepada semua personil yang terkait?

Lampirkan prosedur komunikasi dan bukti stand down meeting dan distribusi lesson learned document.

6.5
Kecelakaan yang harus dilaporkan sesuai dengan undang-undang atau catatan ketidakpatuhan
Apakah perusahaan anda pernah mengalami kecelakaan yang harus dilaporkan sesuai dengan undang-undang dalam  lima tahun terakhir (keselamatan dan kesehatan kerja, dan lingkungan)
Berikan jawaban rinci termasuk tanggal, negara dan lokasi, ringkasan kejadian dan tindak lanjut langkah pencegahan yang telah dilakukan.

Lampirkan bukti incident report yang dilaporkan kepada badan terkait.

BAGIAN 7 – AUDIT K3LL DAN TINJAUAN MANAJEMEN SMK3LL
7.1
Audit
a)    Apakah Anda mempunyai prosedur tertulis mengenai audit K3LL?
Jika YA, lampirkan salinannya.

Lampirkan prosedur audit K3LL

b)   Siapa yang terlibat dalam pelaksanaan audit K3LL? Bagaimana tim audit diseleksi guna memperoleh keahlian khusus dan independen dari aktivitas yang sedang diaudit?
Apa saja persyaratan kualifikasi untuk menjadi auditor?

Lampirkan persyaratan kualifikasi auditor dan daftar nama auditor yang memenuhi kualifikasi

c)    Bagaimana perusahaan Anda menjadwalkan audit K3LL dan apa ruang lingkupnya? Misalnya internal, kepatuhan terhadap peraturan, kontraktor/suplier, implementasi sistem manajemen K3LL?

Lampirkan jadwal dan laporan audit K3LL

d)   Bagaimana manajemen menindaklanjuti temuan audit dan memastikan efektivitas tindakan pemenuhannya (close out).

Lampirkan laporan hasil pemantauan tindak lanjut hasil audit

7.2
Tinjauan manajemen dan tindak lanjut
a)    Apakah Anda mempunyai prosedur tertulis mengenai tinjauan menajemen terhadap SMK3LL?
Jika YA, lampirkan salinannya.

Lampirkan prosedur management review.

b)   Seberapa sering tinjauan SMK3LL dilakukan dan siapa saja yang terlibat dalam prosesnya?

Lampirkan jadwal dan bukti pelaksanaan rapat tinjauan manajemen (MOM dan daftar hadir)

c)    Bagaimana tindakan yang teridentifikasi serta usaha perbaikan dicatat dan ditelusuri hingga tuntas secara efektif?

Lampirkan laporan hasil pemantauan tindakan

BAGIAN 8 – MANAJEMEN K3LL (CIRI TAMBAHAN)
8.1
Sertifikasi SMK3LL anda
Berikan informasi tentang sertifikasi apa saja yang pernah Anda terima dari Badan Sertifikasi.

Lampirkan sertifikat dari suatu badan yang terakreditasi, misal OHSAS 18001, ISO 14001, SMK3, dll.


8.2
Keanggotaan pada asosiasi
Gambarkan jenis dan luasan partisipasi perusahaan Anda dalam organisasi industri terkait, perdagangan dan pemerintahan.

Lampirkan sertifikat keanggotaan pada asosiasi dan bukti partisipasi perusahaan dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh asosiasi tersebut.

8.3
Ciri tambahan manajemen K3LL Anda
Apakah perusahaan Anda (secara global atau lokal) mempunyai ciri K3LL atau pengaturan lain yang belum dijelaskan dalam jawaban-jawaban Anda?