Bagian
|
Pertanyaan
|
Jawaban
|
BAGIAN
1 – KEPEMIMPINAN DAN KOMITMEN
|
1.1
Komitmen K3LL melalui kepemimpinan
|
a)
Bagaimanakah para
manajer senior secara pribadi terlibat dalam pengelolaan K3LL, misalnya dalam
menetapkan dan memantau tujuan K3LL?
Lampirkan bukti kunjungan lapangan
manajemen senior, rapat K3LL yang dihadiri pimpinan, tindakan korektif yang
diambil pimpinan, evaluasi kinerja K3LL oleh pimpinan, dll.
|
|
b)
Berikan bukti
komitmen pada semua tingkatan dalam organisasi!
Lampirkan bukti rapat K3LL (MOM
dan daftar hadir), job description,
dll
|
|
c)
Bagaimanakah
Anda mempromosikan budaya positif mengenai masalah K3LL dalam organisasi
Anda?
Lampirkan bukti rapat K3LL,
poster, penghargaan HK3LL, observasi keselamatan, dll
|
|
BAGIAN
2 – KEBIJAKAN DAN TUJUAN STRATEGIS K3LL
|
2.1
Dokumen Kebijakan K3LL
|
a)
Apakah perusahaan Anda mempunyai dokumen kebijakan
K3LL? Jika YA, harap lampirkan salinannya.
Lampirkan salinan pernyataan
kebijakan K3LL
|
|
b)
Siapa yang memegang
tanggung jawab akhir dan menyeluruh untuk K3LL dalam organisasi
Anda?
Lampirkan bagan organisasi yang menunjukkan
penanggung jawab akhir K3LLdalam perusahaan, termasuk penempatan personel
K3LL
|
|
c)
Siapa orang
yang paling senior dalam organisasi yang
bertanggung jawab terhadap
kebijakan yang sedang dijalankan pada daerah kewenangan dan lokasi dimana karyawannya bekerja? Berikan
nama dan jabatanorang tersebut.
Lampirkan bagan organisasi,
termasuk penempatan personel dan disertai dengan tugas dan tanggung jawab
|
|
d)
Sebutkan
metode-metode yang Anda gunakan untuk menarik
perhatian seluruh karyawan terhadap pernyataan kebijakan K3LL.
Lampirkan metoda penyampaian
pernyataan kebijakan dan mekanisme yang menunjukkan pekerja telah mendapat
informasi tersebut
|
|
e)
Bagaimana cara
Anda memberitahu karyawan bilamanaterdapat perubahan padapernyataan kebijakan
K3LL?
Lampirkan daftar hadir dan MOM
rapat pembahasan perubahan pernyataan kebijakan K3LL, memo, email, informasi
di papan pengumuman, dll
|
|
2.2
Tujuan strategis kontrak K3LL
|
a)
Apakah
perusahaan Anda mempunyai tujuan strategis K3LL? Jika YA, harap lampirkan salinannya.
Lampirkan dokumentasi objective,
target dan program (OTP) K3LL
|
|
b)
Sebutkan metode-metode
yang Anda gunakan untuk mengkomunikasikan tujuan strategis K3LL kepada seluruhkaryawan.
Lampirkan MOM dan daftar hadir rapat pembahasan OTP
|
|
BAGIAN
3 – ORGANISASI, TANGGUNG JAWAB, SUMBER DAYA, STANDAR DAN DOKUMENTASI
|
3.1
Struktur organisasi manajemen K3LL
|
a)
Bagaimana
struktur organisasi Anda dalam mengatur dan mengkomunikasikan K3LL secara
efektif?
Lampirkan bagan organisasi perusahaan, bagan organisasi
K3LL dan atau komite K3LL, dan bukti pelaksanaan rapat K3LL dari tingkat
pekerja hingga manajemen.
|
|
b)
Apakah rapat
K3LL mempromosikan mengenai kesadaran akan K3LL?
Lampirkan MOM rapat K3LL
|
|
c)
Apakah Perusahaan
dan Klien Anda mengadakan rapat secara teratur untuk mendiskusikan dan mengambil
tindakan untuk situasi yang bersinggungan?
Lampirkan
MOM dan daftar hadir rapat K3LL antara perusahaan dan klien.
|
|
d)
Bagaimana
ketentuan yang dibuat oleh perusahaan Anda mengenai rapatkomunikasi K3LL?
Harap lampirkan struktur organisasi perusahaan Anda.
Lampirkan prosedur komunikasiK3LL yang mengatur tentang
mekanisme rapat-rapat K3LL, termasuk peserta rapat dan target dari kegiatan
rapat.
|
|
3.2
Pelatihan K3LL bagi para manajer,
supervisor dan pemegang posisi kritikal K3LL
|
a)
Apakah para
manajer dan pengawas di semua tingkat yang akan merencanakan, memantau, mengawasi
dan melaksanakan pekerjaan sudah mengikuti pelatihanK3LLformalsesuai
tanggung jawab mereka dalam rangka melaksanakan pekerjaan sesuai
dengan persyaratan-persyaratan K3LL?
Lampirkan bukti pelatihan K3LL bagi para manajer dan
pengawas.
|
|
b)
Jika YA, harap
berikan rinciannya. Jika pelatihan diberikan secara in-house, jelaskan isi materi
dan durasi waktupelatihan. Harap lampirkan contoh matriks pelatihan.
Lampirkan materi pelatihan dan kualifikasi instruktur.
|
|
c)
Bagaimana Anda mengidentifikasi
area operasi yang memerlukan pelatihan khusus, misalnya pelatihan yang
berkaitan dengan bahaya kesehatan seperti radiasi, asbestos dan bahan kimia?
|
|
d)
Apakah
perusahaan Anda memiliki tenaga ahli K3LL?
Lampirkan CV tenaga
ahli K3LL
|
|
e)
Bagaimana
perusahaan Anda menyediakan pelatihan khusus bagi stafK3LL?
Lampirkan jadwal pelatihan K3LL
khusus, salinan sertifikat
|
|
3.3
Pelatihan K3LL Umum
|
a)
Pengelolaan
seperti apa yangdimiliki perusahaan
Anda untuk memastikan bahwa karyawan baru mempunyai pengetahuan tentang dasar
K3LL dalam industri, dan untuk menjaga agar pengetahuan tersebut selalu terbarui?
Lampirkan prosedur pelatihan K3LL,
jadwal pelatihan K3LL, dan bukti pelaksanaan pelatihan K3LL (sertifikat dan
atau daftar hadir) termasuk penyegaran.
|
|
b)
Pengelolaan
seperti apa yang dimiliki perusahaan
Anda untuk memastikan bahwa karyawan baru juga mengetahui kebijakan, praktek
serta persyaratan-persyaratan K3LL perusahaan?
Lampirkan bukti sosialisasi SMK3LL dan distribusi buku
saku K3LL
|
|
c)
Pengelolaan
seperti apa yang dimiliki perusahaan Anda untuk memastikan bahwa karyawan
baru telah diberi instruksi dan menerima informasi mengenai bahaya spesifik
yang muncul darisuatu aktivitas pekerjaan?
Lampirkan prosedur orientasi
karyawan dan bukti pelaksanaannya.
|
|
Catatan: untuk (a), (b) dan (c): jika
pelatihan dilakukan secara “in-house”, berikan rincian mengenai isi materinya.
Lampirkan materi pelatihan dan
kualifikasi instruktur.
|
|
3.4
Jaminan kompetensi
|
a)
Apakah
perusahaan Anda mempunyai jaminan sistem kompetensi? Jika YA, jelaskanruang
lingkup dan isi dari sistem tersebut.
Lampirkan Training Need Analysis (TNA)dan laporan
pemantauannya
|
|
b)
Bagaimana
pengaturan yang dimiliki perusahaan Anda untuk memastikan pengetahuan stafK3LL
selalu terbarui?
Lampirkan jadwal pelatihan penyegaran dan bukti
pelaksanaannya.
|
|
3.5
Proses manajemen kontraktor
|
a)
Apakah
perusahaan Anda memiliki proses atau sistem manajemen kontraktor. Jika YA,
lampirkan garis besar proses atau sistem tersebut.
Lampirkan prosedur pengelolaan
subkontraktor.
|
|
b)
Bagaimana cara
Anda melakukan penilaian terhadap kontraktor, melalui kompetensi K3LL atau
kinerja K3LL?
|
|
c)
Dimana Anda
menetapkan standar perusahaan yang harus dipenuhi oleh kontraktor Anda?
Lampirkan
salinan kontrak subkontraktor yang di dalamnya mengatur persyaratan HSE yang
harus dipenuhi dan sanksi.
|
|
d)
Bagaimana cara
Anda memastikan standar tersebut dipenuhi dan telah diverifikasi?
Lampirkan bukti
pemantauan secara berkala terhadap kinerja subkontraktor.
|
|
3.6
Standar K3LL
|
a)
Bagaimana cara
Anda mengidentifikasi standar industri atau peraturanbaru terkait dengan
aktivitas Anda?
Lampirkan prosedur identifikasi
peraturan perundangan, daftar peraturan dan standar yang berlaku bagi operasi
perusahaan, bukti evaluasi pemenuhan terhadap peraturan.
|
|
b)
Apakah tersedia
struktur secara menyeluruh untuk menghasilkan, membarui dan menyebarkan
standar?
Lampirkan prosedur identifikasi
peraturan perundangan, bukti sosialisasi (MOM dan daftar hadir, email, notice
board, dll), prosedur kerja yang terkait dengan standar.
|
|
c)
Apakah standar
yang dimiliki perusahaan Anda sesuai dengan OGP/pedoman industri atau praktek
yang direkomendasikan? Jika YA, harap sebutkan yang mana.
|
|
BAGIAN
4: MANAJEMEN RISIKO
|
4.1
Penilaian dan pengendalian risiko
|
a)
Bagaimana
perusahaan Anda mengidentifikasi bahaya, melakukan penilaian risiko, pengendalian
dan mitigasi konsekuensi, hingga mencapai tingkat terendah yang masuk akal
dapat dilakukan (ALARP)?
Lampirkan prosedur Hazard Identification, Risk
Assessment and Determining Control (HIRADC), Task Risk Assessment (TRA), Job
Safety Analysis (JSA), dan dokumentasi pelaksanaannya.
|
|
4.2
Bahaya terhadap kesehatan
|
a)
Apakah Anda
memiliki kebijakan dan program khusus tentang bahaya kesehatan spesifik,
misalnya bahan berbahaya, blood borne pathogens, penyakit pandemik malaria,
dll?
Lampirkan
kebijakan tentang kesehatan serta program kesehatan kerja dan hygiene
industri
|
|
b)
Tipe bahaya
kesehatan apa saja yang berhubungan
dengan lingkup jasa Anda (kimia, getaran, kebisingan, Radiasi, dll.)?
Jelaskan bagaimana bahaya kesehatan kerja diidentifikasi, dinilai dan dikendalikan?
Lampirkan
Health Risk Assessment (HRA) dan tindak lanjut terhadap bahaya yang
teridentifikasi (misal MCU berkala, hearing conservation program, respiratory
conservation program, dll)
|
|
c)
Sistem apa yang
Anda miliki untuk mengendalikan bahaya-bahaya tersebut dan memantau
efektivitas pengendaliannya? Apakah pemantauan terhadap pajanan bahaya
terhadap pekerja secara teratur termasuk dalam sistem tersebut?
Lampirkan
bukti hasil monitoring dan evaluasi program kesehatan kerja dan hygiene
industri
|
|
4.3
Alkoholdan obat-obatan terlarang
|
Apakah perusahaan memiliki kebijakan
mengenai alcohol dan obat-obatan terlarang? Jika YA, apakah itu termasuk
dalam ujian penerimaan karyawan dan pengujian acak?
Lampirkan prosedur/kebijakan alcohol
dan obat-obatan terlarang, bukti sosialisasi kebijakan (rapat, email, papan
pengumuman, dll), bukti pemeriksaan awal kesehatan pekerja, bukti pemeriksaan
acak termasuk dugaan, sanksi bagi pelanggar, dll.
|
|
4.4
Bahaya keselamatan kerja
|
a)
Tipe bahaya
keselamatan apa sajayang berhubungan dengan lingkup jasa Anda? (pelindung
mekanik, bekerja di ketinggian, pengangkatan/pengerekan, memasuki ruang terbatas,
atmosfir eksplosif, dll)
|
|
b)
istema pa yang
Anda miliki untuk mengendalikan bahaya-bahaya tersebut dan memantau
efektivitas pengendaliannya?
Lampirkan
bukti tindak lanjut terhadap bahaya yang teridentifikasi, hasil monitoring
dan evaluasi program keselamatan kerja.
|
|
4.5
Alat Pelindung Diri (APD)
|
a)
Pengaturan apa
yang dimiliki perusahaan untuk pengadaan dan pemberian peralatan pelindung
dan pakaian kerja, baik yang standar maupun yang diperlukan untuk
kegiatan-kegiatan khusus?
Lampirkan
prosedur Alat Pelindung Diri, Matriks APD (aktifitas kerja dan jenis APD),
standar APD, stock APD
|
|
b)
Apakah perusahaan
menyediakan Alat Pelindung Diri / (APD) yang sesuai untuk karyawan Anda ?
Berikan daftar APD untuk lingkup kerja ini.
Lampirkan
jenis APD (matriks APD) dan daftar terima APD bagi Pekerja
|
|
c)
Apakahperusahaan
memberikan pelatihan mengenai cara penggunaan APD? Jelaskan materi pelatihan
dan tindak lanjutnya.
Lampirkan
materi pelatihan mengenai penggunaan, penyimpanan, perawatan dan penggantian
APD, dan daftar hadir
|
|
d)
Apakah Anda
mempunyai program untuk memastikan bahwa APD/PPE digunakan dan dijaga?
Lampirkan hasil
inspeksi APD termasuk temuan APD yang tidak layak pakai
|
|
4.6
Bahaya logistik
|
e)
Tipe bahaya
logistik apa saja yang berhubungan
dengan lingkup jasa Anda? (transportasi darat, udara, air, penanganan
material, dll.)
|
|
f)
Sistem apa yang
Anda miliki untuk mengendalikan bahaya-bahaya tersebut dan memantau
efektivitas pengendaliannya?
Lampirkan bukti tindak lanjut
terhadap bahaya yang teridentifikasi, hasil monitoring dan evaluasi program
keselamatan logistik.
|
|
4.7
Bahaya terhadap lingkungan
|
a)
Tipe bahaya
lingkungan apa saja yang berhubungan
dengan lingkup jasa Anda? (tumpahan bahan kimia, emisi udara, pembuangan
limbah, dll.)
|
|
b)
Sistem apa yang
Anda miliki untuk mengendalikan bahaya-bahaya tersebut dan memantau
efektivitas pengendaliannya?
Lampirkan
bukti tindak lanjut terhadap bahaya yang teridentifikasi, hasil monitoring
dan evaluasi program lindungan lingkungan.
|
|
4.8
Bahaya terhadap keamanan
|
a)
Tipe bahaya
keamanan apa saja yang berhubungan
dengan lingkup jasa Anda? (terorisme, penyanderaan, perampokan, komunitas
lokal yang tidak bersahabat, dll.)
|
|
b)
Sistem apa yang
Anda miliki untuk mengendalikan bahaya-bahaya tersebut dan memantau
efektivitas pengendaliannya?
Lampirkan
bukti tindak lanjut terhadap bahaya yang teridentifikasi, hasil monitoring
dan evaluasi program keamanan.
|
|
4.9
Bahaya tanggung jawab sosial
|
a)
Tipe bahaya
sosial apasaja yang berhubungan dengan lingkup jasa Anda?
|
|
b)
Sistem apa yang
Anda miliki untuk mengendalikan bahaya-bahaya tersebut dan memantau
efektivitas pengendaliannya?
Lampirkan
bukti tindak lanjut terhadap bahaya yang teridentifikasi (misal
pengangguran,gangguan masyarakat, dll) , hasil monitoring dan evaluasi
program tanggung jawab sosial.
|
|
BAGIAN
5 – PERENCANAAN DAN PROSEDUR
|
5.1
Manual operasi K3LL
|
Apakah Anda mempunyai manual K3LL
perusahaan (atau manualoperasi yang
terintegrasi denganpersyaratan-persyaratan K3LL) yang menjelaskan
secara rinci praktek kerja K3LL
yang disetujui oleh perusahaan yang
berkaitan dengan aktivitas Anda?
Jika YA, lampirkan salinan daftar
isinya dan dokumen pendukung lainnya yang relevan.
Lampirkan daftar isi manual K3LL,
daftar prosedur dan instruksi kerja,dan
laporan kajian SMK3LL
|
|
5.2
Integritas infrastruktur dan peralatan
|
Bagaimana Anda memastikan bahwa infrastruktur,
kilang, dan peralatan yang digunakan di wilayah operasi Anda(lokasi
Anda, lokasi klien atau lokasi lainnya) disertifikasi, dicatat, dikendalikan,
dan dirawat sehingga aman untuk digunakan?
Lampirkan
prosedur perawatan peralatan, daftar peralatan yang disertifikasi/dikalibrasi
dan jadwal perawatan, sertifikat
peralatan, laporan hasil inspeksi/verifikasi kelayakan peralatan, dll.
|
|
5.3
Manajemen perubahan
|
Bagaimana Anda mengelola perubahan dan
menilai risiko yang terkait, misalnya sumber daya manusia, peralatan, proses,
dokumentasi?
Lampirkan prosedur management of
change (MOC) dan dokumentasi pelaksanaannya.
|
|
5.4
Rencana tanggap darurat
|
a)
Pengaturan apa
yang dimiliki perusahaan Anda terkait
dengan rencana tanggap darurat?
Lampirkan prosedur dan
rencana tanggap darurat, organisasi tanggap darurat dan kompetensinya, daftar
kontak darurat, daftar peralatan tanggap darurat,latihan tanggap darurat dan
evaluasinya, laporan pemantauan tindaka, dll.
|
|
b)
Situasi darurat
apa saja yang termasuk di dalamnya?
|
|
BAGIAN
6 – IMPLEMENTASI DAN PEMANTAUAN KINERJA
|
6.1
Implementasi SMK3LL dan pemantauan
kinerja aktivitas kerja secara aktif
|
a)
Pengaturan
apa yang dimiliki perusahaan Anda untuk memantau implementasi
SMK3LL?
Lampirkan
laporan pemantauan pencapaian program K3LL, jadwal dan bukti pelaksanaan
inspeksi dan audit K3LL, dll
|
|
b)
Bagaimana cara
perusahaan Anda memastikan implementasi prosedur kerja di wilayah kerja
operasi Anda misalnya kepatuhan terhadap prosedur, toolbox talk, rapat K3LL,
pengawasan, observasi kerja?
|
|
c)
Bagaimana Anda
memantau kinerja K3LL pekerja, misalnya sistem identifikasi bahaya,
partisipasi K3LL?
|
|
d)
Apa saja
pemantauan K3LL yang dilakukan secara aktif (misalnya di area yang tidak
pernah terjadi kecelakaan)?
|
|
e)
Bagaimana Anda
melaporkan dan memperbaiki kekurangan yang teridentifikasi?
Lampirkan
laporan ketidaksesuaian atau sejenisnya.
|
|
f)
Bagaimana Anda
mengkomunikasikan hasil pemantauan kinerja secara aktif kepada personil yang
relevan?
Lampirkan
bukti komunikasi hasil pemantauan kinerja K3LL.
|
|
6.2
Indikator kinerja keselamatan kerja
|
Harap lampirkan statistik untuk item
di bawah ini untuk setiap tahun dalam lima tahun terakhir:
· Jumlah kematian akibat kerja (fatalities)
· Jumlah kasus cedera yang mengakibatkan hilang jam
kerja (lost time injuries)
· Jumlah kasus hilang hari kerja (lost workday cases)
· Jumlah kasus hari kerja terbatas (restricted work
cases)
· Jumlah kasus perawatan medis (medical treatment
cases)
· Jumlah kasus pertolongan pertama (first aid cases)
· Jumlah kejadian nyaris celaka (near miss incidents)
· Frekuensi kecelakaan fatal (per 100 juta jam kerja)
· Frekuensi hilang jam kerja akibat cidera (per juta
jam kerja)
· Frekuensi total kecelakaan yang tercatat (per juta
jam kerja)
Catatan:
Jika tidak menggunakan definisi OGP (merujuk kepada laporan indikator kinerja
keselamatan OGP), harap lampirkan definisi menurut perusahaan Anda.
|
|
6.3
Pemantauan kinerja K3LL
|
a)
Bagaimana
pemantauan dan pencatatan kinerja kesehatan?
Lampirkan
laporan pemantauan dan kinerja kesehatan.
|
|
b)
Bagaimana
pemantauan dan pencatatan kinerja lindungan lingkungan?
Lampirkan
laporan pemantauan dan kinerja lindungan lingkungan.
|
|
c)
Bagaimana
pemantauan dan pencatatan kinerja keamanan?
Lampirkan
laporan pemantauan dan kinerja keamanan.
|
|
d)
Bagaimana dan
apa saja kejadian nyaris celaka yang dilaporkan?
Lampirkan
laporan dan statistik kasus hampir celaka
|
|
e)
Seberapa sering
kinerja K3LL dikaji? Oleh siapa?
Lampirkan
bukti rapat yang membahas kinerja K3LL (MOM dan daftar hadir)
|
|
f)
Bagaimana
pemantauan dan pencatatan kinerja logistik?
Lampirkan
laporan pemantauan dan kinerja keselamatan logistik.
|
|
g)
Apakah Anda
mencatat kecelakaan berkendara?
Lampirkan
laporan kecelakaan dan statistik kasus kecelakaan berkendara
|
|
6.4
Investigasi dan tindak lanjut
kecelakaan K3LL
|
a)
Jenis
kecelakaan K3LL seperti apa yang diinvestigasi?
|
|
b)
Proses apa yang
digunakan untuk melakukan investigasi kecelakaan K3LL?
Lampirkan
prosedur incident investigation
|
|
c)
Siapa yang
melakukan investigasi kecelakaan?
|
|
d)
Bagaimana
temuan hasil investigasi ditindaklanjuti untuk secara efektif memastikan
kejadian yang sama tidak terulang kembali?
Lampirkan
laporan pemantauan tindak lanjut hasil investigasi
|
|
e)
Bagaimana
pembelajaran dari suatu kecelakaan dikomunikasikan kepada semua personil yang
terkait?
Lampirkan
prosedur komunikasi dan bukti stand down meeting dan distribusi lesson
learned document.
|
|
6.5
Kecelakaan yang harus dilaporkan
sesuai dengan undang-undang atau catatan ketidakpatuhan
|
Apakah perusahaan anda pernah
mengalami kecelakaan yang harus dilaporkan sesuai dengan undang-undang
dalam lima tahun terakhir (keselamatan
dan kesehatan kerja, dan lingkungan)
Berikan jawaban rinci termasuk
tanggal, negara dan lokasi, ringkasan kejadian dan tindak lanjut langkah
pencegahan yang telah dilakukan.
Lampirkan bukti incident report yang
dilaporkan kepada badan terkait.
|
|
BAGIAN
7 – AUDIT K3LL DAN TINJAUAN MANAJEMEN SMK3LL
|
7.1
Audit
|
a)
Apakah Anda
mempunyai prosedur tertulis mengenai audit K3LL?
Jika YA, lampirkan
salinannya.
Lampirkan prosedur audit K3LL
|
|
b)
Siapa yang
terlibat dalam pelaksanaan audit K3LL? Bagaimana tim audit diseleksi guna
memperoleh keahlian khusus dan independen dari aktivitas yang sedang diaudit?
Apa saja persyaratan
kualifikasi untuk menjadi auditor?
Lampirkan persyaratan kualifikasi auditor dan
daftar nama auditor yang memenuhi kualifikasi
|
|
c)
Bagaimana
perusahaan Anda menjadwalkan audit K3LL dan apa ruang lingkupnya? Misalnya
internal, kepatuhan terhadap peraturan, kontraktor/suplier, implementasi
sistem manajemen K3LL?
Lampirkan jadwal dan laporan audit K3LL
|
|
d)
Bagaimana
manajemen menindaklanjuti temuan audit dan memastikan efektivitas tindakan
pemenuhannya (close out).
Lampirkan
laporan hasil pemantauan tindak lanjut hasil audit
|
|
7.2
Tinjauan manajemen dan tindak lanjut
|
a)
Apakah Anda
mempunyai prosedur tertulis mengenai tinjauan menajemen terhadap SMK3LL?
Jika YA, lampirkan
salinannya.
Lampirkan prosedur
management review.
|
|
b)
Seberapa sering
tinjauan SMK3LL dilakukan dan siapa saja yang terlibat dalam prosesnya?
Lampirkan jadwal dan bukti
pelaksanaan rapat tinjauan manajemen (MOM dan daftar hadir)
|
|
c)
Bagaimana
tindakan yang teridentifikasi serta usaha perbaikan dicatat dan ditelusuri
hingga tuntas secara efektif?
Lampirkan
laporan hasil pemantauan tindakan
|
|
BAGIAN
8 – MANAJEMEN K3LL (CIRI TAMBAHAN)
|
8.1
Sertifikasi SMK3LL anda
|
Berikan informasi tentang sertifikasi
apa saja yang pernah Anda terima dari Badan Sertifikasi.
Lampirkan sertifikat dari suatu badan
yang terakreditasi, misal OHSAS 18001, ISO 14001, SMK3, dll.
|
|
8.2
Keanggotaan pada asosiasi
|
Gambarkan jenis dan luasan partisipasi
perusahaan Anda dalam organisasi industri terkait, perdagangan dan
pemerintahan.
Lampirkan sertifikat keanggotaan pada
asosiasi dan bukti partisipasi perusahaan dalam kegiatan yang diselenggarakan
oleh asosiasi tersebut.
|
|
8.3
Ciri tambahan manajemen K3LL Anda
|
Apakah perusahaan Anda (secara global
atau lokal) mempunyai ciri K3LL atau pengaturan lain yang belum dijelaskan
dalam jawaban-jawaban Anda?
|
|
0 Comments